Sabtu, 11 Agustus 2012

contoh proposal pengajuan tugas ahir


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Permasalahan
Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi.  Dengan begitu maraknya informasi dan kegiatan di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai dunia tersendiri yang tanpa batas. Dunia didalam Internet disebut juga dengan dunia maya (cyberspace). internet (dengan huruf  “i” bukan kapital) sebenarnya adalah suatu sistem global jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protokol (TCP/IP). Rangkaian internet yang terbesar disebut Internet (dengan huruf “i” kapital). Jadi internet adalah sebuah sistem dan Internet merupakan nama dari salah satu sistem terbesarnya.
Informasi dalam Internet umumnya disebarkan melalui suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange). Untuk dapat menampilkan halaman website diperlukan suatu perangkat lunak aplikasi yang disebut dengan browser. Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari dan Internet Explorer merupakan contoh dari browser. Halaman utama suatu website disebut dengan homepage. Dari halaman utama kita dapat membuka berbagai macam informasi melalui tombol yang disebut dengan link. Link dapat menghubungkan kita dengan halaman atau website lainnya, sehingga informasi yang dapat kita peroleh menjadi kaya. Layanan berupa situs yang digunakan dalam memudahkan pencarian informasi disebut dengan Web Search Engine. Contoh dari web search engine adalah Google, Yahoo, dan Bing. Dengan web search engine kita cukup menuliskan kata kunci dari informasi yang akan kita cari, dan dalam hitungan detik informasi tersebut dapat ditemukan. Misalnya dalam mencari informasi tentang artis favorit, kita tinggal mengetik nama artis tersebut sebagai kata kunci di web search engine.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis mendapat gagasan untuk membuat tugas ahir dengan judul
 MEMBUAT PENDAFTARAN ANGGOTA ALUMNI SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ADOBE DREAMWEAVER CS5
PADA SMP N 4 KOTA METRO”.
 
 
1.2    Identifikasi Masalah
Mengidentifikasi masalah merupakan langkah pertama untuk mengetahui dari latar belakang kelemahan-kelemahan yang dihadapi dan batasan dari suatu sistem informasi yang sedang berjalan.
Adapun permasalahan yang dihadapi yaitu sebagai berikut :
1.  Belum Tersedianya Pendaftaran  Alumni secara online pada SMP N 4 Metro.
2. Sulitnya untuk mendapatkan informasi tentang alumni yang pernah bersekolah di SMP N 4 Metro .
3.  Penggunaan teknologi internet yang belum maksimal.
1.3    Batasan Masalah
Agar sistem yang dirancang tidak terlalu luas dan menyimpang dari permasalahan yang ada, maka pembuatan tugas akhir ini penulis membatasi pada apa yang di analisis saja, yaitu:
1.      Sistem kerja website hanya meliputi tentang alumni dan informasi umum tentang SMP N 4 metro .
2.      website ini di bagun dengan  server local menggunakan aplikasi  vertrigo server dan koneksi database  mysql.
3.      Proses pendaftaran alumni hanya sebagi input data ke data base  .
4.      Alumni yang mendaftar tidak dapat menjadi admin (memberikan control menyeluruh pada menu ) alumni hanya biasa menjadi user(memberikan control yang di tentukan oleh admin ) .
5.      Penggunaan login sebagai pengamanan data  alumni pada website .

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut:
1.      Membangun sebuah website sebagai sarana informasi alumni SMP N 4 metro.
2.      Membangun forum diskusi bagi alumni .
3.      Terciptanya sebuah website yang multi fungsi yaitu untuk pendaftaran alumni secara online dan sebagai sumber informasi .
4.    Sebagai forum bertemunya para alumni dan memper mudah pencarian alumni .
1.5    Metodologi Penelitian
Dalam memperoleh data untuk menyusun tugas akhir ini, penulis menggunakan metode yaitu :
1.5.1        Studi Lapangan
Studi Lapangan adalah pengumpulan data yang secara langsung mempelajari sebuah sistem  yang berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi. Adapun studi lapangan yang penulis lakukan adalah dengan teknik :


1.      Pengamatan (Observasi)
Yaitu dengan cara melakukan penelitian scara langsung pada SMP N 4 metro, sehingga penulis mengetahui alur system kerja yang telah berjalan saat ini.

2.      Wawancara (interview)
Yaitu penulis melakukan Tanya jawab secara langsung dengan staff TU(tata usaha) dan tekhnisi website.
3.      Dokumentasi (Documentation)
Dokumentasi yaitu penelitianyang dilakukan dengan pengumpulan data yang ada di SMP N 4 metro guna melengkapi data – data yang di butuhkan oleh penulis .
1.5.2        Studi Pustaka
Studi pustaka adalah pengumpulan data dengan membaca buku-buku dan mempelajari sistem kerja yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi.
1.6      Waktu dan tempat penelitian
1.      Tempat penelitian dilakukan di Smp N 4 metro .
Jl.kemiri 15 A iring mulyo , Metro timur – kota metro.
2.      Waktu pelaksanaan Maret 2012 s/d Mei 2012.


1.7       Sistematika Penulisan
Dalam penulisan ini penulis akan mengemukakan secara singkat mengenai sistematika pembahasan laporan tugas akhir yang dibagi menjadi 5 bab, yaitu:
BAB I      PENDAHULUAN
Pada bab ini merupakan suatu pokok laporan yang terdiri dari latar belakang masalah,identifikasi permasalahan, tujuan perancangan, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II    LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tentang konsep dan teori penunjang yang berhubungan dengan masalah yang di teliti dan yang diambil dari beberapa referensi dari berbagai buku dan  internet.
BAB III   ANALISIS SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat SMP N 4 metro, metode yang digunakan saat ini ,metode pengumpulan data ,permasalahan yang dihadapi serta kinerja dan kendala sistem yang digunakan saat ini.


BAB IV   PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini menjelaskan tentang bagaimana merancang halaman –halaman pada websiete ini, perancangan aplikasi website,perancangan login website,dan implementasi pada website .
        BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
                          Bab  ini merupakan hasil dan kesimpulan dari laporan tugas akhir yang telah disusun oleh penulis serta saran yang membangun untuk D-III Manajemen Informatika Komputer Universitas Muhammadiyah Metro dan SMP N 4 kota metro.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN










BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN

  kesimpulan
      Dalam penulisan Tugas Akhir ini telah diuraikan bagaimana perancangan system pada pembangunan website SMPN 4 Metro maka penulis menyimpulkan
1.Website SMPN 4 Metro merupakan sarana informasi online yang dapat di akses oleh siapun .
2.Website ini juga digunakan untuk sarana informasi bagai masyarakat umum tentang SMPN 4 Metro
3.Website ini juga digunakan untuk mengetahui para alumni SMPN 4 Metro
4.Website ini juga digunakan sebagai forum diskusi oleh para alumni SMPN 4 Metro
5.Website ini juga digunakan untuk mencari data para alumni SMPN 4 metro





  Saran
pihak administrator SMPN 4 Metro harus senantiasa menjaga dan memperbarui website agar pengunjung tidak merasa bosan dan mendapatkan Informasi-Informasi yang benar dan falid .
Pemeliharaan server pada SMPN 4 Metro perlu diperhatikan dan di jaga agar data – data pada server tidak bisa di akses agar tidak di akses dengan orang yang tidak berhak mengaksesnya.

1 komentar: